Minggu, 04 Januari 2009

kemauan itu perlu

Setiap orang tentu mempunyai keinginan dalam hidup. Sebagai manusia biasa, seseorang dapat saja memiliki keinginan bahkan memiliki beberapa keinginan (tidak hanya satu). Keinginan dapat berbentuk bermacam-macam, berbagai fantasi manusia juga dapat menjadi sebuah keinginan. Namun demikian keinginan tersebut dapat dibedakan menjadi keinginan yang realistis atau tidak realistis -meski terkadang banyak orang yang menginginkan keinginan yang tidak realistis dapat terealisasi-. Setiap orang yang mempunyai keinginan tentu harus siap dengan berbagai dampak atau konsekuensi logis dari apa yang diinginkannya. Baik konsekuensi tercapainya keinginan dan konsekuensi gagalnya keinginan.

Konsekuensi logis agar dapat tercapainya keinginan, adalah dengan meningkatkan kemauan. Mau untuk berusaha mencapai keinginan, mau untuk berjuang, mau untuk sukses, juga mau untuk menerima resiko dari apa yang diperjuangkannya -termasuk resiko untuk sukses dan berhasil atau sebaliknya-.

Keinginan harus disertai dengan tindakan untuk mewujudkannya. Bukan hanya sekedar ingin tetapi harus mau dan berusaha memperjuangkannya. Disinilah kemauan berperan penting. Ketika kemauan sudah mulai tumbuh, sedikit demi sedikit harus ditingkatkan agar semangat untuk terus “mau” tetap tumbuh dalam diri.

Ketika mulai menjalankan sikap mau tadi, masih diperlukan satu hal sebagai tambahan, yaitu keihklasan. Tiada artinya mau menjalani sesuatu dengan terpaksa. Segala jerih payah akan hilang seiring dengan hilangnya keikhlasan. Disinilah tambahan kemauan dalam mencapai keinginan, yaitu mau untuk ikhlas.

Selamat berjuang mencapai keinginan, terus berusaha untuk meningkatkan kemauan untuk mencapainya dan selalu ikhlas dalam menjalani segala sesuatunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jadilah teman yang setia......